Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Thursday, September 11, 2008

Indah dengan KSplash Baru Linux (distro Mandrake)

Jika anda belum tahu apa itu ksplash (splash screen), ksplash adalah gambar sambutan yang disuguhkan sebelum kita masuk ke dalam tampilan desktop KDE. Seperti halnya pada WinXP yaitu munculnya kata sambutan “welcome” pada saat sedang proses booting.

Mungkin pada windows, tampilan splash screen bertajuk “welcome” itu sulit untuk diganti dengan gambar lain (terkecuali dengan bantuan software khusus tentunya), tapi saya rasa tidak demikian di KDE. Salah satu desktop environment favorite pengguna Linux ini menyediakan opsi khusus untuk menginstal Ksplash baru. Jadi, wajarlah kalau kini KDE dapat dikatakan lebih bagus ketimbang desktop-nya Windows.

Perlu diketahui bahwa cara penginstalan Ksplash di KDE ada 2 cara. So… jika anda bener-benar berminat mengubah Ksplash anda, berikut langkah2 nya:

CARA 1:

1. masuklah ke menu KDE Control Center, lalu telusuri [Look ‘n Screen].

2. pada jendela splash, klik menu [Add] lalu browse lah di mana anda menyimpan file splash screen-nya. (biasanya dalam bentuk file kompresi seperti tar.gz, tgz, dan lainnya. File-nya tak perlu di ekstrak karena KDE Control Center dapat mengekstrak secara otomatis).

3. setelah ditemukan, klik [OK]/

CARA 2:

1. ekstraklah file splash screen-nya ke dalam direktori /home/user_name/.kde/share/apps/ksplash/themes (terlebih dahulu memberi tanda check pada menu [Show Hidden Files]).

2. hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengekstrakan yaitu: ekstraklah file-file tersebut ke dalam sebuah folder (jika ada file yang sudah berada dalam sebuah folder. Ya.. biarkan saja). Jadi, format direktorinya akan menjadi home/user_name/.kde/share/apps/ksplash/theme/nama_folder_theme. Harus dibuat seperti itu, karena jika tidak di ekstrak ke dalam sebuah folder maka saya bertaruh bahwa splash screen-nya tidak akan terdeteksi di KDE Control Center.

Untuk melihat perubahannya, masuklah ke menu [Look ‘n Feel] > [Splash Screen]. Pilih saja splash screen yang anda inginkan lalu klik [Apply]. Dalam beberapa kasus yang terjadi, ketika anda telah melakukan proses instalasi dengan cara 1 maupun cara 2, muncul kotak peringatan yang bertuliskan “Could not load theme configuration file” yang artinya bahwa anda tidak dapat meng-Apply-kan splash screen tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, buatlah script seperti berikut:

=========Cut Here=========

[Ksplash Theme: Nama_KSplash]

Name = Nama_KSplash

Description = Nama_KSplash_Yg_Lengkap

Version = Versi KSplash

Author = Pemiliknya

Homepage = Situsnya

#Theme behavior settings.

Engine = Default

#Should icons blink ala KDE, or not?

Icons Flashing = True

=========End Here=========

Dengan aplikasi editor yang ada, misalnya Kwrite lalu simpan dengan nama theme.rc (ekstensionnya adalah *.rc) di folder splash screen yang dimaksud. Setelah dibuatkan file theme.rc, moga-moga problem tersebut akan berakhir. Good Luck !!!

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...