Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Wednesday, March 17, 2010

Manfaatkan Google Friend Connect

Google Friend Connect (GFC) merupakan layanan berbasis social networking yang diberkan oleh Google yang memungkinkan para pemilik website membentuk sebuah komunitas dan saling berinteraksi. Fitur ini bisa diintegrasikan dengan Wordpress.
Begini caranya:
  1. Login ke akun Google di alamat http:www.google.com/friendconnect. Kalau belum punya akun, bikin dulu.
  2. GFC didukung oleh beberapa widget (gadget) sebagai alat untuk membentuk komunitas, seperti widget komentar, widget rating, widget member, dan lain-lain. Dengan widget itulah kamu bisa mengundang orang lain, mem-follow situs orang lain dan di-follow oleh orang lain, share link, video, komentar, dan lain-lain. Agar bisa mendapatkan dan menggunakan widget tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.
  3. Pada halaman GFC, klik link menu "Set up a new site" yang ada di sebelah kiri atas.
  4. Kamu akan ditujukan 2 pilihan Set up, yaitu Friend Connect for standard web sites dan Friend Connect for Blogger blogs. Karena kita akan menambahkan pada situs nonblogspot, pilihlah yang pertama dengan mengklik link Friend Connect for standard web site.
  5. Selanjutnya akan ditujukan halaman Overview yang menggambarkan langkah-langkah yang akan kita lalui dalam mendapatkan layanan GFC untuk website kiat. Klik link "Continue" dibawahnya.
  6. Bagian selanjutnya adalah halaman Tell us about your site yang meminta kamu menuliskan data website. Pada bagian Site name isikan nama situs kamu. Pada Home URL isi dengan alamat situsnya. Jangan lupa menggunakan prefiks "http://". Setelah itu klik link "Continue" di bawahnya.
  7. Berikutnya, kamu diminta memasukkan 2 file ke dalam server hosting situs. File tersebut adalah "rpc_relay.html" dan "canvas.html". Unduh dulu kedua file tersebut, lalu disimpan ke dalam komputer. Selanjutnya upload kembali keduanya ke server hosting. Kamu harus memasukkan ke dalam path utama situs, bukan ke dalam folder-folder website. Setelah itu klik link "Continue".
  8. Langkah selanjutnya adalah menguji Set up yang telah dilakukan. Tes setup ini bertujuan melihat apakah setup yang telah dilakukan sudah benar. Klik tombol "Test to finalize setup".
  9. Jika sudah lolos, kamu akan masuk ke halaman berikutnya, yaitu halaman Add a Members gadget to your site. Sampai disini sebenarnya kamu sudah berhasil mendapatkan layanan GFC untuk situs. Langkah selanjutnya adalah menambahkan widget GFC pada blog kamu. Klik link "Get code for the Member gadget" untuk menambahkan widget (gadget) tersebut.
  10. Selanjutnya kamu akan menuju halaman Set up the Members gadget. Ada beberapa bagian yang harus kamu atur:
Choose the gadget's size: untuk mengatur lebar gadget dan jumlah kolom anggota.
Choose colors: untuk mengatur pewarnaan gadget member.
Create the HTML code: Klik tombol Generate code untuk mendapatkan kode dari gadget member. Kode yang akan muncul itulah yang dimasukkan pada blog.
Copy the code into your site: Copy paste-lah kode yang telah di-generate tadi ke bagian mana kamu ingin menampilkan widget (gadget) member GFC tadi. Jika ingin menampilkan gadget member GFC ini pada bagian sidebar, copy paste-lah pada file sidebar.php atau sejenisnya. Penyuntingan Wordpress CMS ini bisa dilakukan melalui menu Editor di bagian Appearance pada dashboard Wordpress CMS kamu.


Manfaatkan Google Friend Connect


Note.
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Kamu bebas menyebarluaskan, mau menggunakan sharing is sexy tool. Atau kamu mau co-pas, gunakan kode yang ada didalam text area sebagai sumber/link back artikel ini. Gunakan Etika!!

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...