Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Thursday, February 12, 2009

bookTome 1.0

Simpan Informasi Buku

seringkali kita sendiri sebagai pemilik buku tidak tahu ataupun lupa dimanakah buku koleksi berada beserta informasi lengkapnya? Untuk memudahkan pengelolaan data buku, ada baiknya menggunakan aplikasi manajemen, salah satunya adalah bookTome. Aplikasi ini dapat menyimpan informasi buku yang berasal dari user sendiri ataupun dari website lain, yaitu Amazon.

Informasi yang tersimpan di dalamnya dapat diurutkan (sort), dan dilakukan pencarian melalui keyword berdasarkan semua field informasi buku yang di-input. Aplikasi ini diperoleh di http://booktome.shanemca.com/download/bookTome.exe, dan berukuran file 2,64 MB.

1. lakukan instalasi bookTome, jalankan file bookTome.exe, dan ikuti tahapan instalasi hingga selesai.

2. jalankan bookTome melalui Start, Menu-Program sehingga anda akan menemui tampilan jendela utama. Ada tiga cara penambahan buku pada bookTome, pertama anda menambahkan secara manual, yaitu mengisikan data buku yang informasinya didapati dari sumber tertentu. Kedua, meng-import informasi buku secara langsung dari website tertentu, yaitu Amazon, dan yang terakhir memasukkan buku tersebut ke dalam daftar indent/pending/tertunda atau masih dalam permintaan.

Untuk permulaan, coba lakukan import dari Amazon sehingga lakukan seleksi Add New Book – Add Bokk From Amazon. Tentukan pencarian informasi buku berdasarkan ISBN atau penyusun/pembuat buku. Lakukan pilihan ISBN dan masukkan nomor ISBN. Seleksi hasil pencarian dari thumbnail cover buku, tentunya akan didapati informasi pada field terisi, dan segeralah menekan tombol Import Book. Lengkapi field yang belum terisi. Lihat pada masing-masing tab (Basic Detail, Description, History), dan tekan tombol Add Book.

3. sama halnya dengan penambahan buku melalui Amazon, bedanya anda memasukkan semua informasi buku yang didapati dari pencarian sendiri. Add New Book – Add Book, dan masukkan informasi buku. Untuk gambar cover buku, klik tombol folder, dan lakukan seleksi file gambar.

4. usai buku dimasukkan, anda dapat melakukan pencarian buku melalui book-Tome tentunya. Pencarian dapat dilakukan berdasarkan semua field input informasi buku.

5. sebagai antisipasi atas kehilangan data, book-Tome juga menyediakan fasilitas data, book-Tome juga menyediakan fasilitas import dan export database buku. Anda dapat mengaksesnya melalui Tools – Program Editor – Database Option, kemudian tekan tombol Data Management Wizard. Tentukan jenis database yang di-import, lokasi penyimpanan, beserta nama file database tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...