Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Friday, September 12, 2008

Mengubah Tampilan Menu Pilihan Sistem Operasi

Bila ada dua atau lebih system operasi di dalam harddisk anda, sebelum masuk ke salah satu system operasi tersebut, anda akan dihadapkan pada menu untuk memilih system yang akan anda masuki.

Kalau system operasi Windows yang anda instalasikan misalnya adalah Windows 98, Windows ME, Windows 2000 Profesional, dan Windows XP Profesional, maka secara default tulisan pada menu yang muncul adalah Microsoft Windows untuk Windows 9x, Microsoft Windows Milenium Edition untuk Windows ME, Microsoft Windows 2000 Profesional untuk Windows 2000 Profesional, dan Microsoft Windows XP Profesional untuk Windows XP Profesional.

Dengan mudah anda bisa mengganti semua tulisan itu dengan tulisan yang anda inginkan. Caranya, bukalah file Boot.ini dengan menggunakan Notepad atau teks editor lainnya. Biasanya file ini terdapat pada drive C:\.

Agar dapat membuka dan mengedit file ini, sebelumnya pastikan anda sudah mengaktifkan opsi [Show hidden files and folders] dan menonaktifkan opsi [Hide protected operating system files] pada menu [Folder Options]. Kalau belum, maka file tersebut akan disembunyikan oleh system operasi yang anda gunakan.

Anda juga bisa membuka file Boot.ini dari dalam system operasi dengan cara meng-klik [Start]>[Setting]>[Control Panel]>[System]. Pada jendela System Properties, pilih tab [Advanced] pada bagian Startup and Recovery, pilih [Setting]. Pada jendela berikutnya yang muncul, klik tombol [Edit]. Cara ini berlaku untuk system operasi seri Windows XP ataupun Windows 2000.

Kalau terdapat Windows XP Profesional, Windows 2000 Profesional, dan Windows 98 yang disimpan pada partisi berbeda pada computer anda, maka isi dari file Boot.ini kurang lebih adalah seperti berikut:

[Boot loader]

Timeout=30

Default=

multi(0)disk(0)rdisk(0)partision(2)\WINDOWS

[operating systems]

multi(0)disk(0)rdisk(0)partision(2)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Profesional” /fastdetect

multi(0)disk(0)rdisk(0)partision(1)WINNT=”Microsoft Windows 2000 Profesional” /fastdetect

C:\=”Microsoft Windows”

anda bisa mengubah tulisan yang terdapat di dalam tanda kutip sebagai contoh, saya mengubahnya menjadi seperti ini:

[boot loader]

Timeout=30

Default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partision(2)\WINDOWS

[operating systems]

C:\”Microsoft Windows 98 Buat Game”

Multi(0)disk(0)rdisk(0)partision(2)\WINDOWS=”Microsoft Windows 2000 Profesional Buat Kerja” /fastdetect

Multi(0)disk(0)rdisk(0)partision(1)\WINNT=”Microsoft Windows XP Profesional Buat Multimedia” / fastdetect

Setelah selesai, simpan file tersebut dan restart computer anda. Setelah masuk ke menu pemilihan system operasi, maka informasi pilihan pada menu tersebut sudah berubah sesuai dengan yang anda buat barusan.

Kalau anda menggunakan system operasi Windows 2000 ataupun Windows XP, perubahan tersebut juga akan muncul pada menu [Startup and Recovery].

Jangan lupa, sebaiknya lakukan backup terhadap file boo.ini tersebut sebelum anda mengeditnya. Kalau ada kesalahan edit dan malah jadi kacau, anda bisa langsung mengkopikan file boot.ini asli yang sudah anda backup tadi ke C:\.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...