Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Friday, September 12, 2008

Menambahkan Track Baru di Windows Media Player 8

Video CD (VCD) merupakan format video yang paling memasyarakat saat ini. Meski DVD memilih kualitas gambar yang jauh lebih baik, tapi format DVD belum sepenuhnya bisa mengantikan VCD. Penyebabnya jelas, apalagi kalau bukan masalah harga. VCD menawarkan harga yang relative lebih murah dibandingkan DVD dengan kualitas setara VHS.

Meski begitu, Windows XP versi perdana tidak perduli mengenai hal tersebut. Pada Windows Media Player 8 yang disertakan, XP hanya mampu membaca film berformat DVD. Film DVD yang dimaksudkan ke drive, bisa langsung dikenali dan dimainkan, sementara VCD tidak bisa menikmati fitur seperti itu. Bahkan, file film standar yang berformat MPEG1 dengan ekstensi .DAT pun tidak didukungnya. Pengguna harus “memaksa” WMP8 untuk bisa membaca file AVSEQ01.DAT atau MUSIC01.DAT yang disimpan pada folder MPEGAV.

Padahal, untuk sebuah film berdurasi dua jam yang dikemas dalam format DVD, pengguna tidak perlu menukar keping DVD, sedangkan pengguna VCD harus menukar keping CD setiap jam. Jadi sebenarnya funsi autoplay lebih menguntungkan jika diaplikasikan untuk pengguna VCD.

Nah, agar fungsi autoplay di VCD menjadi setara dengan DVD, ikutilah langkah-langkah berikut:

1. klik [Start]>[Run] kemudian ketik regedt32.exe. perhatikan, anda harus masuk ke registry Editor dengan regdt32.exe, bukan regedit.exe

2. masuklah ke subkey HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Autoplay Handlers\Content Type Sniffers\VideoFiles Content Sniffer.

3. carilah REG_MULTI_SZ dengan nama RelPattern, kemudian klik ganda. Pada bagian paling bawah Multiple String RelPattern, tambahkan string berikut:

MPEGAV\AVSEQ01.DAT

MPEG2\AVSEQ01.DAT

MPEGAV\AVSEQ01.MPG

MPEG2\AVSEQ01.MPG

MPEGAV\MUSIC01.DAT

MPEG2/MUSIC01.DAT

MPEGAV\MUSIC01.MPG

MPEG2\MUSIC01.MPG

4. tekan [OK] lalu tutup Registry Editor

5. restart windows

6. windows media player yang baru anda “buat” telah mampu memainkan VCD secara otomatis tanpa harus “dipaksa” secara manual dari menu [File]>[Open].

Selain langkah-langkah di atas, anda bisa meng-upgrade Windows Media Player ke versi 10 agar Windows XP mampu mengenali VCD.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...