Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Friday, September 19, 2008

Memformat Memori Card

Gonta ganti software atau file multimedia memang mengasyikan, karena bisa mengusir rasa jemu. Namun, hapus-menghapus file seperti itu sering menyebabkan kartu memori menjadi hang. Misalnya saja tiba-tiba muncul peringatan bahwa memori itu sudah penuh, ketika mau memasukkan file multimedia baru. Padahal kartu memori itu baru aja dibersihkan atau sebagian file sudah dihapus. Nah, kalau sudah begini, mau nga mau kartu memori itu harus diformat.

Memformat kartu memori bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan computer dan dengan ponsel. Kalau ngga mau repot2 ya tinggal menggunakan jasa toko ponsel, karena peralatannya biasanya komplet.

Terlepas dari cara mana yang akan dipakai, proses format itu membawa konsekuensi bahwa apapun file yang ada di dalam kartu itu akan dibersihkan atau dihapus.

Oleh karena itu, pastikan bahwa file multimedia yang masih anda butuhkan tersimpan dalam back up. Misalnya aja disimpan terlebih dahulu ke dalam memori internal ponsel. Sayangnya, membuat back up di memori internal ponsel akan menimbulkan masalah baru, kalau daya tampung memori internal itu sudah penuh.

Yang paling aman adalah memformat kartu memori dengan computer dan card reader. Pertama-tama, simpanlah file multimedia yang mashi dipakai ke dalam drive C di computer. Sebab, memformat kartu memori sama saja dengan menghapus semua file yang ada pada memori eksternal ponsel. Nah, setelah itu bisa ditransfer kembali ke kartu memori.

Yang terpenting dalam melakukan format ini adalah jangan sekali-kali memberikan password untuk kartu memori. Karena, pada proses pemberian password untuk kartu memori eksternal dengan ponsel, password itu seringkali tidak bisa dibuka ketika menggunakan card reader di computer. Padahal, password yang diketik sama persis dengan password aslinya.

Begitu pula sebaliknya, ketika memproteksi kartu memori eksternal dengan password melalui card reader di computer. Password itu biasanya tidak akan dikenali ketika harus dibuka dengan ponsel.

FORMAT VIA KOMPUTER

Jika ingin memformat kartu dengan computer, pastikan card reader tersambung ke port USB pada computer. Pembaca kartu itu akan dikenali computer sebagai drive Removeable Disk (E: ).

Klik menu My Computer, kemudian klik Removeable Disk (E: ) sehingga tampilannya terblok, misalnya dengan warna biru. Kemudian klik file dan cari Format lalu klik. Di layar computer akan muncul kotak dialog dan anda mengklik OK.

Kalau anda ragu dan ingin membatalkan proses format itu, maka tinggal pencet tombol ESC di keyboard computer.

Pada beberapa computer, misalnya berbasis Windows ME, pilihannya adalah Start atau close. Klik Start, maka kartu memori itu akan terformat. Kalau ragu dan tak ingin meneruskan proses format, maka click close atau tutup kotak dialog itu.

Setelah kartu itu dibersihkan, maka masukkan kembali file multimedia yang masih anda pakai dari drive C ke kartu memori itu.

Cara yang paling sering digunakan adalah dengan memanfaatkan windows explorer. Jika anda membuka menu Windows Explorer, maka akan tampil dua sisi bilik folder, yaitu kiri dan kanan.

Pastikan anda mengingat letak folder tempat menyimpan file yang di back up. Paling aman menyimpan back up itu di My Document. Tampilkan file-file backup itu pada sisi kanan bilik folder di Windows Explorer.

Sekedar contoh, penulis kebetulan mempunyai koleksi lagu FuckMe.mp3, yang ingin disimpan kembali ke dalam kartu memori.

Untuk mengcopynya ke kartu memori, maka file lagu itu dimunculkan di bilik kanan. Kemudian diklik dan menahan klik dimouse itu dengan jari. Lalu sambil masih diklik dengan jari, maka kursor tampilan file itu digeser dan diarahkan ke bilik kiri, sehingga muncul tanda biru pada Removeable Disk (E: ).

Dengan melepaskan klik, maka file itu akan tertransfer ke kartu memori melalui perantara card reader.

Jika anda sudah terbiasa, akrab dengan computer, rasanya anda jauh lebih tahu bagaimana mentransfer file dengan menggunakan Windows Explorer. Cara inilah yang diterapkan para pengelola toko ponsel ketika mengerjakan order untuk memformat kartu memori ponsel.

FORMAT VIA PONSEL

Berikut ini adalah contoh cara memformat kartu memori pada ponsel Nokia 9210 dan Nokia 3660.

Untuk Nokia 9210, yang pertama perlu anda lakukan adalah memilih File Manager pada tampilan awal, kemudian anda klik menu. Kemudian terdapat beberapa pilihan. Pilihlah Card. Nah… kamu tinggal tunggu prosesnya, kemudian tekan OK.

Bila ponsel yang kamu miliki Nokia 3660, maka pada Extras. Disitu terdapat beberapa pilihan, dan anda bisa menekan Format Memory Card. Sama halnya dengan Nokia 9210, kamu tinggal menunggu prosesnya, dan klik OK untuk menutupnya.

Untuk ponsel lainnya, selama ada slot untuk kartu memori, maka pasti ada juga menu untuk pemformatannya. Mudah kan?

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...