Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Friday, September 19, 2008

Cara Irit Bertelepon Via Internet

Pertama yang mulai popular di Indonesia adalah Skype, lalu disusul oleh Yahoo! Messenger oleh Yahoo! Messenger With Voice dan Google Talk. Semua orang mengusung teknologi komunikasi berbasis Voice over Internetl Protocol (VoIP). Inilah kisah lengkap telepon murah!

Komunikasi berbasis VoIP jelas digemari oleh banyak orang, khususnya para pengguna Internet, karena menawarkan banyak kelebihan. Yang pertama, pastinya, adalah dari segi ekonomi. Percakapan telepon keluar negeri memakan biaya yang sangat mahal, bahkan untuk pembicaraan yang singkat. Dan dengan VoIP, percakapan itu istilahnya bisa dilakukan Cuma-Cuma, jika si pengguna telah membayar akses Internet-nya.

DIPOPULERKAN SKYPE

Di Indonesia, Skype bisa dibilang sebagai aplikasi yang mempopulerkan VoIP di kalangan pengguna Internet. Dengan skype, siapa saja, melalui PC yang memiliki akses Internet, bisa menelepon temannya yang juga terkoneksi menggunakan versi terbaru dari aplikasi Instant Messaging (IM) tersebut. Modalnya hanya speaker dan microphone doang.

FITUR TAMBAHAN PADA IM

Tampilan google talk beta masih sederhana. Didominasi warna putih khas google. Aplikasi IM versi google ini, sama seperti Yahoo Messenger, juga terintegrasi dengan aplikas e-mail client berbasis Web-nya. Fitur VoIP memang menjadi fitur tambahan yang kesannya ‘wajib ada’ pada aplikas IM.

VoIP bisa berupa perangkat keras atau peranti lunak, seperti telepon IP dan Skype. Umumnya, perangkat keras VoIP dilengkapi dengan peranti lunaknya sekaligus. Dengan perangkat VoIP, pengguna bisa menggunakan Internet sebagai media perantara untuk melakukan panggilan telepon.

Keuntungannya, para pengguna akses Internet tidak membutuhkan biaya ekstra untuk bertelepon, cukup hanya membayar akses Internet, biaya bertelepon gratis, sama gratisnya seperti akses e-mailnya. Intinya adalah eksploitasi bandwidth secara maksimal.

Selain skype, Yahoo! Messenger with Voice, dan Google Talk, masih ada banyak aplikas VoIP lain yang bisa dicoba. Contohnya adalah CoolTalk dan NetMeeting. Telepon VoIP bisa diintegrasikan dengan berbagai fitur pengirim dan penerimaan pesan secara parallel dengan percakapan suara yang dilakukan. Hal ini bisa kita lihat pada aplikasi IM semacam Yahoo Messenger versi terbaru dan Google Talk versi beta.

BICARA ITU GRATIS, TAPI BUTUH BANDWIDTH BESAR

“Talk is cheap”, kata orang. Tapi google merupakan salah satu yang memperkenalkan istilah “talk is free”. Ya, kalau bisa bicara gratis, kenapa masih pakai layanan yang berbayar?

Sebenarnya, VoIP sendiri tidaklah gratis karena penggunaannya masih harus membayar biaya akses Internet. Tapi biaya yang dikeluarkan untuk akses Internet tidak sebesar biaya yang diperlukan untuk menelpon teman atau kerabat, terutama yang berada di luar negeri.

VoIP bisa diimplementasikan di jaringan Internet mana saja, bahkan yang bandwidthnya kecil sekalipun. Resiko bandwidth yang kecil ini adalah suara yang terdengar terputus-putus, alias koneksi yang tidak jernih.

Masalah yang paling sering terjadi pada koneksi VoIP ada pada mekanisme pengiriman paket data yang lelet. VoIP bisa dikatakan sama seperti streaming, butuh bandwidth besar untuk bisa menikmati asyiknya ngobrol online dari PC. Jika bandwidth yang tersedia tidak mencukupi, sebaiknya katakana selamat tinggal pada VoIP. Namun, dengan bandwidth yang memadai, aliran data streaming bisa dilakukan tanpa interupsi, dan bisa dilakukan secara kontinyu hingga datanya habis. Jika, tidak ada resiko kehilangan potongan paket suara yang dikirim ke PC penerima.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...