Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Sunday, September 21, 2008

Memasang Konektor RJ-45 ke Kabel UTP

1. Buka Pembungkus Luar Kabel UTP

Langkah pertama adalah membuka kabel pada ujung kabel UTP yang akan digunakan. Gunakan tang potong yang biasanya sudah terintegrasi dengan tang penjepit pada RJ-45 untuk mengelupas pelindung luar dari kabel UTP tersebut. Agar terlihat rapi, kelupas pembungkus ini sepanjang kira2 1cm dari ujung kabel. Kelupas dengan hati-hati agar pembungkus kabel bagian dalam tidak ikut terkelupas.

2. Kuliti Pembungkus Masing-masing Kabel Bagian Dalam

Langkah selanjutnya adalah menguliti ujung-ujung kedelapan kabel yang ada pada kabel UTP tersebut. Kelupas kira-kira 2mili dari ujung kabel tersebut agar lapisan tembaga terlihat dengan jelas. Jangan lupa untuk merapihkan bagian ujung dengan meratakannya.

3. Urutkan Kabel Sesuai dengan Urutan

Langkah selanjutnya adalah mengurutkan kabel-kabel tersebut. Ini adalah bagian yang sangat penting agar koneksi bisa dilakukan. Urutan kabel yang ada disesuaikan dengan warna dari masing-masing kabel. Dari kiri ke kanan urutannya adalah: orange/putih-orange-hijau/putih-biru-biru/putih-hijau-coklat/putih-coklat.

4. Masukkan ke dalam Konektor

Setelah itu, masukkan kabel yang telah diurutkan tersebut ke dalam konektor RJ-45. lakukan sedikit penekanan agar ujung kabel dapat menyentuh lapisan logam yang ada di ujung konektor. Pastikan ujung masing-masing kabel telah pada posisi yang benar.

5. Tekan dengan Tang Penjepit

Setelah semua kabel ada pada posisi yang tepat, gunakan tang penjepit untuk menekan konektor tersebut guna mengunci posisi kabel pada konektor. Gunakan tekanan yang agak kuat agar kabel bisa terkunci dengan sempurna.

6. Periksa Kualitas Rangkaian dengan Kabel Tester

Lakukan 5 langkah di atas untuk ujung kabel yang lain. Setelah kedua ujung tersebut dipasangi konektor. Jangan lupa untuk melakukan pengujian dengan menggunakan tester. Apabila lampu indicator pada tester menyala secara berurutan, itu berarti anda telah memasang kabel UTP dengan benar pada konektor RJ-45.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...