Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Sunday, September 14, 2008

Klookie: Menarik Isi Harddisk dengan E-mail

File yang tersimpan di dalam harddisk bisa ditarik dari mana saja dengan menggunakan e-mail. Klookie memungkinkan prose situ. Konfigurasinya sangat mudah. Gratis pula!

Berbagi file di Internet adalah hal yang lumrah. Berbagai aplikasi untuk kegiatan itu begitu banyak. Kazaa dan iMesh adalah segelintir contoh aplikasi berbagi file di Internet. Tentu saja orang bakal selalu mengenang Napster yang sempat berkasus dengan beberapa perusahaan rekaman. Aplikasi seperti itu merupakan berbagi file jenis peer-to-peer(P2P).

Banyak lagi cara berbagi file selain menggunakan aplikasi khusus P2P. tanpa Internet, penyebaran bisa dilakukan menggunakan media penyimpanan yang portable seperti disket floppy, disket USB, dan CD. Dengan Internet, penyebaran bisa disokong oleh e-mail, atau yangtadi sudah disebutkan jaringan P2P.

Penyebaran dengan e-mail kini kian bebas. Selain karena munculnya berbagai teknologi yang menyokong Internet cepat, para pemberi layanan e-mail gratis telah menggelembungkan kapasitas kotak surat hingga bermega-mega, bahkan bergiga-giga. Kombinasi Internet cepat dengan kapasitas kotak surat gemuk itu memungkinkan penyebaran file dengan ukuran besar.

Klookie itu apa?

Klookie adalah sebuah aplikasi yang boleh dibilang sebagai salah satu penerapan penyebaran file menggunakan e-mail. Uniknya, Klookie mengirimkan file secara otomatis kepada orang yang mengirim e-mail. Orang yang file-nya diminta tidak perlu mengirimkan file tersebut.

Contoh berikut ini, kira-kira menggambarkan kerja Klookie. YC memiliki e-mail beralamat YC@CY.com si YC ini membuat sebuah folder khusus didalam harddisk nya. Di folder itu, tersimpan file yang dibagi-pakai.

Si juan yang memiliki e-mail juan@CY.com hendak meminta file yang dibagipakaikan oleh YC. Untuk itu, juan mengirim e-mail dengan subjek khusus ke alamat e-mail YC. Tak lama, juan mendapat e-mail balasan. Isinya, file yang ia hendak pakai berasal dari computer YC. File itu tidak dikirim oleh YC, melainkan secara otomatis oleh Klookie.

Klookie yang berada di computer YC merespon terhadap subyek khusus dari e-mail yang dikirim juan. Bila subjek itu sesuai dengan ketentuan Klookie, file yang diminta langsung dikirim ke e-mail juan berupa lampiran. Semuanya tanpa perlu campur tangan YC.

Instalasi dan Registrasi

Klookie berupa aplikasi yang penginstalnya dapat diunduh dari berukuran 1,09MB, cukup untuk disimpan dalam sebuah disket floppy.

Jalankan penginstal Klookie agar aplikasi itu terinstal di PC. Pertama kali dijalankan, muncul boks untuk memilih bahasa sepanjang penginstalan Klookie. Kalau bahasa sudah dipilih klik [OK]. Klik [Next] pada kotak berikutnya sehingga muncul kotak yang menghadirkan license agreement. Pilih [I accept the aggrement] agar [Next] dapat diklik untuk melanjutkan penginstalan. Lalu, tentukan lokasi penginstalan Klookie dalam harddisk. Klik [Next] bila sudah. Selanjutnya, penentuan tempat shortcut Klookie pada menu [Start]. Sekali lagi, klik [Next]. Pada boks yang memastikan segala sesuatunya telah benar, klik [Install]. Proses instalasi berjalan cepat. Cuma dalam hitungan detik, instalasi selesai. Klik [Finish].

Seselesainya instalasi, jalankan Klookie dari menu [Start]. Saat pertama kali digunakan, Klookie meminta informasi mengenai layanan e-mail yang digunakan. Informasi itu adalah nama server POP3 dan server SMTP, alamat e-mail, serta password. Secara otomatis, port untuk server POP3 dan server SMTP telah terisi. Untuk memastikan informasi di sini betul, periksa informasi serupa di situs layanan e-mail yang digunakan. Klik [Test Connection] untuk menguji koneksi Klookie ke server. Bila koneksi sukses, klik [OK].

Informasi yang diminta selanjutnya adalah file atau folder yang bisa diminta. Klik [Add] untuk menambah file atau folder. Pada boks yang berikutnya muncul, klik [Add File(s)] untuk menambah file, klik [Add Directory] untuk menambah folder, atau klik [Add network folder] untuk membagi-pakai folder yang berada di dalam suatu jaringan. Setelah seluruh file serta folder yang hendak dibagi-pakai telah dibuka, klik [OK]. Sebelumnya, jangan lupa hadirkan tanda centang di sisi [SEND],[FIND], dan [LIST]. Klik [OK] setelah kembali ke boks yang mendaftarkan file yang telah dibagi-pakai.

Selanjutnya, Klookie akan meminta password. Masukkan saja password yang diinginkan. Password ini nantinya berfungsi untuk meminta file yang telah dibagi-pakai. Bisa juga sebetulnya password tidak digunakan, tapi agar tidak sembarang orang mengambil file, tak ada salahnya menggunakan password. Klik [OK] bila password telah dimasukkan.

Menggunakan Klookie

Sekarang adalah saatnya meminta file yang telah dibagi-pakai. Anggaplah juan hendak mengambil file bernama cintaku.txt yang oleh YC telah dimasukkan ke dalam file yang boleh diambil. Untuk mengambil file itu, juan mengirim sebuah e-mail kosong ke alamat e-mail YC dengan subyek KL SEND

C:\dokumenku\cintaku.txt sayang.

KL di subyek itu berarti Klookie. SEND ialah perintah agar server milik layanan e-mail YC mengirim file ke alamat e-mail juan. File yang dikirim ialah file cintaku.txt yang berada di dalam folder C:\dokumenku. Kata saying yang berada di paling belakang itu ialah password yang telah ditentukan oleh YC. Melihat contoh itu, perintah untuk meminta file berformat KL SEND . Tentu diperhatikan, path file yang harus disertakan mengikuti nama file.

Selain SEND, Klookie mengenal perintah lain, yaitu FIND, LIST, INFO, HELP, dan DACT.FIND (untuk menemukan file tertentu) dan LIST (untuk menampilkan seluruh file yang dibagi-pakai) memiliki format perintah yang sama. INFO (informasi mengenai konfigurasi Klookie) dan HELP (untuk menampilkan pertolongan) cukup mengikuti KL untuk digunakan (contoh: KL INFO). Terakhir DACT mesti diikuti dengan password (KL DACT ). Fungsinya untuk menonaktifkan Klookie.

Setelah e-mail kosong dengan subjek khusus itu dikirim, juan cukup menunggu beberapa saat sehingga file yang diminta datang bersama e-mail dalam bentuk lampiran.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...