Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Sunday, August 17, 2008

Bekerja Cepat dengan Macro pada Mircosoft Word

Dalam melakukan pekerjaan kita seringkali meng-cut dan mem-paste teks tanpa format (unformatted) ke Word. Untuk melakukan itu kita setidaknya harus empat kali mengklik mouse.

Jumlah yang mungkin tidak terdengan banyak, kecuali jika anda melakukannya 50 kali sehari. Untuk mempercepat proses tersebut kita buat macro dengan cara berikut.

1. pada menu Tools, pilih Macro, dan kemudian pilih Record New Macro… kemudian kotak dialog Record Macro akan tampil.

2. ketik nama macro pada kotak Macro name:, misalkan Paste_Unformatted dan klik tombol OK. Toolbar Stop Recording kemudian akan muncul, dan kursor akan berubah menjadi tanda panah dan kaset.

3. sekarang, lakukan setiap langkah seperti biasanya, sebagai contoh, membuat macro untuk mem-paste teks tanpa format, kita klik menu edit, pilih Paste Special..

4. kemudian kotak dialog Paste Special akan muncul. Pilih Unformatted Text, dan kemudian klik tombol ok.

5. pada tombol Stop Recording, klik tombol Stop Recording.

6. macro anda kini sudah terekam. Anda dapat mengaksesnya dengan mengklik menu Tools, Macro, dan pilih Macros… kemudian kotak dialog Macros akan tampil.

7. dari kotak dialog, anda dapat mengontrol macro. Ada baiknya anda beberapa kali menjalankan macro yang baru dibuat untuk memastikan ia dapat bekerja dengan baik. Untuk itu klik Run.

8. jika pengujian anda telah selesai, mari tambahkan macro anda yang baru ke toolbar standar Word. Walaupun anda dapat menambahkan macro ke toolbar manapun, kami lebih suka menempatkannya di sebelah tombol dengan fungsi yang sama.

9. di sini, kita tempatkan macro tersebut di sebelah tombol Paste regular pada toolbar standar. Buka tool pengaturan toolbar dengan mengklik menu View, Toolbars, dan pilih menu yang paling bawah yaitu Customize..

10. sekarang klik tab Commands, dari daftar Categories:, pilihlah Macros. Macro anda yang baru akan ditampilkan di kolom sebelah kanan di bawah Commands:.

11. klik macro dan seret dari kolom Commands ke toolbar standar.

12. pada waktu keluar dari MS Word, anda mungkin ditanya apakah ingin menyimpan perubahan yang telah dilakukan. Klik tombol Yes untuk menyimpan konfigurasi toolbar yang baru ke template Word. Jika tidak ditanya, tombol tersebut secara otomatis akan disimpan ketika anda keluar.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...