Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Tuesday, September 2, 2008

Mengidentifikasi Device yang Tidak Diketahui pada Sistem PC

Secara umum bila seseorang selesai menginstal Windows pada sebuah PC, akan dilanjutkan dengan menginstal driver-driver yang sesuai. Driver-driver ini diperlukan agar device-device yang telah dikenali dan menggunakan dirver bawaan Windows bisa bekerja dengan baik lagi.

Untuk device-device yang tidak dikenali Windows sehingga belum menggunakan driver apapun, menginstal driver-driver yang sesuai tentunya lebih penting lagi. Tanpa driver-driver tersebut device-device tersebut tentunya tidak akan bekerja. Bila driver-driver yang diberikan pada paket penjualan masih tersedia, seseorang bisa segera menginstal driver-driver tersebut. Bila driver-driver tersebut sudah tidak tersedia lagi dan device-device yang tidak dikenali Windows juga tidak diketahui device-device apa itu sebenarnya, seseorang harus mengidentifikasi terlebih dahulu device-device tersebut.

Untuk mengidentifikasi device yang tidak diketahui pada system bisa menggunakan software identifikasi tertentu ataupun melihat secara langsung hardware yang bersangkutan. Untuk melihat secara langsung hardware yang bersangkutan, seseorang terlebih dahulu harus mengetahui jenis hardware dari device yang tidak diketahui itu, apakah kartu grafis, kartu suara, modem, TV Tunner, ataupun yang lainnya. Ini kadang bisa dilihat dari istilah yang diberikan Windows pada device tersebut, misalnya untuk kartu suara Windows bisa memberikan istilah yang mengandung multimedia. Tentunya harus diketahui istilah-istilah yang umum diberikan untuk masing-masing jenis hardware.

Bila melihat secara langsung hardware yang bersangkutan, bisa saja informasi yang tersedia pada hardware tersebut kurang lengkap. Tidak tersedia merk dan tipe dari hardware tersebut misalnya. Untuk hardware seperti kartu grafis, kartu suara, modem, dan TV Tunner, hal ini biasanya bisa diatasi dengan melihat chip utama yang digunakan hardware tersebut. Menggunakan driver yang dikeluarkan oleh pembuat chip utama umumnya sudah membuat hardware tersebut bekerja dengan baik.

Cara melihat hardware secara langsung ini tentunya membutuhkan seseorang untuk membuka PC-nya. Membuka PC ini tidak diperlukan bila menjalankan software identifikasi yang sukses mengidentifikasi devices yang tidak dikenali tersebut. Bila software identifikasi gagal mengidentifikasi, mau gak mau melihat secara langsung bila jenis hardware tersebut diketahui.

Salah satu software identifkasi yang bisa digunakan adalah Unkwon Device Identifier. Menggunakan software ini tidak diperlukan untuk menginstal terlebih dahulu. Jalankan saja file-nya dan tidak beberapa lama kemudian akan muncul jendela berisi informasi dari berbagai device yang ada di system. Carilah device yang tidak diketahui tersebut dan lihatlah informasi yang diberikan oleh Unkwon Device Identifier. Saya berhasil mengetahui modem yang terpasang menggunakan Unkown Device Identifier ini.

Setelah mengetahui device yang sebelumnya tidak diketahui tersebut, carilah driver yang sesuai. Bisa menggunakan driver yang ditujukan khusus untuk hardware tersebut bisa juga menggunakan driver yang ditujukan untuk chip utama yang digunakan oleh hardware tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...