Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Friday, September 5, 2008

Menarik E-mail ke dalam Saku

Bermodal disket USB (USB disk), seseorang bisa membawa aplikasi klien e-mail yang siap pakai. Aplikas klien e-mail yang demikian adalah Thunderbird dari Mozilla. Gratis, bo.

Ternyata bukan Cuma Sony Playstation yang portable alias bisa dibawa ke sana ke mari. Perangkat lunak juga bisa dibikin portable. Mau bukti? Nih lihat Portabel Thunderbird. Perangkat lunak yang merupakan versi “jinjing” Mozilla Thunderbird yang bisa dijalankan tanpa perlu diinstal.

Paket Portabel Thunderbird berbentuk ZIP yang bisa diunduh dari http://portablethunderbird.mozdev.org ini berukuran Cuma 7,1MB. Lah itu mah gede! Memang cukup gede buat diunduh, tapi cukup kecil untuk sebuah aplikasi klien e-mail siap pakai.

Thunderbird yang ini dibilang portable karena bisa dimasukkan ke dalam disket USB. Urai saja paket tadi ke disket USB. Total, Thunderbird membutuhkan ruang sebesar 10MB. Ukuran segitu sih enggak ada apa-apanya ketimbang ukuran disket USB yang kini, boleh dibilang, minimal 128MB.

Tapi ingat loh, angka 10 itu baru Thunderbird yang baru diurai dari paket. Nantinya, angka 10 itu terus bertambah seiring dengan penggunaan Thunderbird. Tak lain tak bukan, penyebabnya adalah penyimpanan isi kotak surat dalam media yang sama.

Sudahlah, makin tambunnya paket Thunderbird itu jangan dipikirkan sekarang. Mendingan, sekarang atur Thunderbird supaya bisa menarik surat dari penyedia layanan e-mail.

PENGATURAN AKUN

Kebetulan, penyedia layanan e-mail yang kami gunakan adalah Gmail. Pengguna penyedia layanan e-mail lain bisa melakukan cara yang sama namun, sudah barang tentu, dengan mengisikan data yang berbeda. Seluruh data bisa diperoleh di situs penyedia layanan e-mail yang digunakan.

Standarnya, paket Thunderbird diurai ke dalam folder bernama PortableThunderbird. Di dalam folder itu, terdapatlah file bernama PortableThunderbird.exe. klik file itu untuk menjalankan Thunderbird.

Ketika mendapati bahwa thunderbird ini bukan aplikas klien e-mail tidak dijadikan standar di PC, muncullah pertanyaan yang kira-kira begini, “Apa mau bikin Thunderbird sebagai aplikasi klien e-mail standar di PC ini?” dijawab apa nih? Yah, terserah kamu. Kalau mau silahkan klik [Yes].

Lanjut. Di panel sebelah kanan, klik [Create a new account] biar penuntun pembuatan akun baru muncul. Di kotak pertama, pilih [Email account] diikuti dengan klik [Next].

Kotak kedua pun muncul. Isikan kotak teks pertama dengan nama pemilik akun e-mail. Kotak kedua diisi dengan alamat e-mail. Lanjutkan langkah dengan mengklik [Next].

Di kotak ketiga, pilih [POP] sebagai tipe server incoming yang dipakai. Jangan lupa juga mengisi nama server incoming. Tanda centang di sisi [Use Global Inbox (store mail in Local Folder] boleh dihilangkan boleh gak. Kalau dihilangkan, berarti isi kotak surat akun yang sedang dibuat ini akan masuk di folder sendiri. Kalau ada, surat langsung masuk di Local Folder milik Thunderbird.

Berikutnya, masukkan username yang biasa dipakai buat masuk ke akun e-mail. Kalau sudah, klik [Next].

Kotak berikutnya meminta nama yang mengacu ke akun yang dibuat. Buat ini, bebas diisi apa saja. Klik [Next] lagi, nyok.

Inilah penuntun terakhir. Segala data yang tadi dimasukkan kembali ditampilkan. Lihat-lihat dulu sebentar, yakini kalau data itu betul adanya. Kalau mau langsung mengunduh surat, jangan lupa centang [Download messages now]. Klik [Finish].

Berhasil? Sukur deh kalau berhasil. Kalau diminta password, itu tandanya berhasil. Pengguna Gmail, berhasil? Enggak berhasil? Memang pengguna Gmail enggak bakal berhasil. Pengaturan untuk Gmail (mungkin layanan e-mail lain juga demikian) belum selesai.

Di jendela utama Thunderbird, klik [Tools]>[Account Settings]. Di panel kiri, klik [Server Settings]. Beralih ke panel kanan, ubah port di situ menjadi 995. lalu jangan lupa, kasih tanda cetang di [Use secure connection (SSL)].

Kembali ke panel kiri, klik [Outgoing Server (SMTP)]. Balik lagi ke panel kanan, ubah angka port menjadi 465. di situ juga, pilih [SSL] untuk keamanan pengiriman. Klik [OK] untuk menerapkan semua perubahan tadi.

Ingat, angka 995 dan 465 itu bisa saja beda di penyedia layanan e-mail lain. Soal2 pengaturan begini, baiknya dicari di situs penyedia layanan e-mail yang digunakan.

Kini coba tarik surat baru [Get Mail]. Ketika diminta, masukkan password. Tak lama (bisa lama juga sih, tergantung ukuran surat dan kualitas koneksi), surat pun berada di kotak Thunderbird.

Sip lah!

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...