Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Wednesday, September 24, 2008

Melindungi Ponsel dari Virus

Virus sekarang juga nga hanya menyerang computer aja, tapi udah merambah ke ponsel. Virus ponsel ada sejak tahun 2004 lalu kini udah ram eke Indonesia. Beberapa virus handphone seperti Cabir.A, Cabir.B dan iloveu telah banyak beredar dengan menyebarkan dari satu handphone ke handphone yang lain.

Mengutip apa yang dilaporkan oleh F-Secure tentang tingkat penyebaran virus, varian Cabir tercatat sebagai jawara virus dengan mengantongi rating tertinggi dalam frekuensi penyebarannya.

Bagaimana dan sejauh apa virus ponsel berpengaruh terhadap ponsel?, dan bagaimana mencegahnya?

Berikut adalah penjelasan detail tentang bagaimana, sejauh apa, serta cara pencegahan terhadap virus yang menyerang handphone, khususnya Cabir.

Penyebaran Virus

Bluetooth menjadi syarat utama bagi penyebaran virus cabir. Pengaktifan Bluetooth sama halnya dengan membukakan pintu bagi virus cabir untuk masuk kedalam handphone. Bahayanya cabir adalah memburu handphone yang mengaktifkan fasilitas Bluetoothnya.

Virus cabir nga bisa datang dengan sendirinya, melainkan ada seorang yang menyebarkan virus tersebut yang dinamakan dengan carrier. Untuk menjadi seorang carrier (pembawa virus), biasanya orang itu harus menginfeksi ponselnya sendiri dengan virus cabir.

Cara untuk menginfeksikan virus ke ponsel bisa dilakukan dengan menggunakan kabel data yang terhubung dengan computer, lalu mentransfer file cabire.sis. install caribe.sis dalam handphone, kemudian untuk keperluan penyebarannya, aktifkan Bluetooth dan datang pada tempat-tempat ramai. Jika ada ponsel yang bluetoothnya aktif maka otomatis ponsel tadi terkena virus.

Penyebaran virus cabir seperti halnya penyakit yang menular. Satu ponsel yang terinfeksi virus cabir, bisa menulari ponsel lainnya. Ponsel yang telah menginfeksi ponsel lain tidak akan bisa menginfeksi handphone lain untuk kedua kalinya, sampai dengan handphone tersebut melakukan log out atau start ulang (reboot).

Cabir dan Caribe.sis

Mungkin kamu binggung dengan file caribe.sis yang ditransfer dan diinstal didalam handphone milik carrier virus (pembawa virus). Jangan bingung dalam membedakan dua istilah yang terkait ini, pegang pada kata cabir adalah nama virusnya, sedangkan caribe.sis adalah program virusnya dan disamarkan dalam bentuk aplikasi ponsel, lalu menghasilkan virus cabir.

Ketika virus cabir masuk kedalam ponsel tujuan, maka akan muncul pesan bertuliskan caribe.sis. caribe.sis ini menyamar sebagai satu aplikasi yang ditawarkan untuk diinstall kedalam ponsel korban. Kemudian ponsel akan memberikan konfirmasi, apakah kiriman via Bluetooth tadi diterima atau tidak dengan pilihan “Yes” atau “No”. Nah, ketika kamu memilih “Yes”, berarti kamu telah melakukan instalasi caribe.sis yang sebenarnya adalah virus cabir ke dalam ponsel kamu, tapi kalo kamu tekan “No” maka virus nga terinstal. Tapi inget, ponsel kamu tuh sebenarnya udah kena virus, karena konfirmasi install “Yes” atau “No” tadi akan selalu muncul selama bluetoothnya nyala.

Kalo Bluetooth dimatiin maka konfirmasi ilang, tapi virus tadi masih nempel, dan begitu Bluetooth di nyalakan maka konfirmasi install “Yes” atau “No” akan muncul lagi dan begitu seterunya sampe tekan “Yes”.

Efek Samping

Seperti pada umumnya virus, selalu berefek samping, maka akibat dari virus cabir adalah memory ponsel akan selalu penuh sehingga membuat ponsel menjadi lambat. Kemudian Bluetooth selalu dalam keadaan aktif, tapi tidak menunjukkan icon bahwa Bluetooth tersebut dalam keadaan active searching (aktif mencari Bluetooth lain). Ini karena Cabir telah meng-hidden icon Bluetooth, jadi kamu nga akan liat Bluetooth aktif padahal aktif.

Dikarenakan pengaktifan Bluetooth yang berlebihan, mengakibatkan battery mudah habis alias drop. Dan parahnya lagi virus cabir dapat merusak fasilitas Bluetooth handphone.

Antivirus

Tidak berbeda dengan cara penangkalan yang dilakukan computer terhadap virus pada umumnya yaitu dengan menginstall antivirus, maka pada handphone pun juga terdapat anti-virus yang bisa diinstall dalam ponsel yang terinfeksi. Beberapa anti-virus untuk ponsel telah banyak diciptakan dan salah satunya adalah buatan F-Secure Anti-Virus dengan nama F-Cabir yang bisa berjalan pada system operasi Symbian seri 60 atau seri diatasnya.

Dalam kerjanya anti-virus akan mendeteksi cabir dan menghapus komponen worm tersebut. Setelah menghapus file worm, maka kamu bisa menghapus directory:

c\system\symbiansecuredata\caribesecuritymanager\

Untuk Menghapus Virus, Anda dapat melakukannya dengan cara?

Step 1, cek terlebih dahulu, dalam taskmanager ponsel anda apakah cabir aktif dalam ponsel anda. Jika tampilan cabir tertampang maka dapat dipastikan ponsel anda telah terinfeksi cabir. Maka anda butuh antivirus.

Step 2, install antivirus, anda dapat melakukannya dengan cara mendownloadnya dari ponsel anda sendiri dengan cara membuka browser anda, buka , atau bisa diinstallkan ke service ponsel.

Step 3, pilih “Removal tool for Cabir”.

Step 4, install antivirus. Pilih yes untuk menginstall antivirus tersebut.

Step 5, pilih applications menu dan start F-Cabir.

Step 6, pilih scan, lalu pilih yes ketika F-Cabir menanyakan “do you want to disinfect”.

CARA MANUAL

Cara lain bisa kamu lakukan untuk menghapus cabir ini secara manual adalah dengan cara menginstall aplikasi file manager dan menghapus direktori yang tertulis dibawah:

C:\system\apps\caribe\caribe.rsc

C:\system\apps\caribe\caribe.app

C:\system\apps\caribe\flo.mdl

C:\system\recogs\flo.mdl

C:\system\symbiansecuredata\caribesecuritymanager\caribe.app

C:\system\symbiansecuredata\caribesecuritymanager\caribe.rsc

Catatan: untuk menginstal aplikasi File Manager bisa langsung ke toko ponsel yang menyediakan layanan install aplikasi.

Korban virus Cabir:

Untuk ponsel yang rentan oleh virus Cabir adalah ponsel yang berbasis Symbian seri 60 beserta. Ponsel-ponsel yang menggunakan Symbian 60 adalah Nokia 6600, N-Gage, 3650, 3660, 7610, 7650, 6630, 6260, Siemens SX1.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...