Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Tuesday, September 9, 2008

Langkah-Langkah Membeli PC

Saya yakin, dari sekian banyak pengguna Internet masih ada yang belum memiliki PC (Personal Computer) alias computer pribadi. Jika memang anda termasuk salah satu dari sekian banyak pengguna Internet yang belum memiliki PC atau sudah memiliki namun masih ingin membeli lagi. Saya akan memberikan sedikit panduan bagaimana memilih computer yang ideal.

Selamat mengikuti.

Memilih computer yang baik dan ideal itu gampang gampang susah. Apalagi kalau kita salah memilih tempat membeli bisa-bisa anda tertipu (makanya hati-hati). Sekedar bagi-bagi pengalaman pahit.

Saya sedikit kecewa dengan salah satu toko computer, karena komponen yang dipilih dan dibeli setelah terkirim sampai di rumah ternyata spesifikasi dari beberapa komponen penting tidak sesuai dengan apa yang ada di kwitansi. Agar hal tersebut tidak terjadi pada pembaca yang lain, ada baiknya jika ulasan berikut dikaji lebih dalam sebelum membeli computer. Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

TUJUAN MEMBELI PC

Maksdunya, jika kebutuhan anda terhadap computer hanya untuk menjalankan aplikasi Microsoft Office, maka computer yang dibeli tidak perlu yang terlalu canggih. Sebuah PC dengan performa (kecepatan) sedang saja sudah cukup memadai untuk semua penggunaan tersebut diatas. Fasilitas multimediapun perlu dipertimbangkan.

Saat ini ada banyak type dan jenis computer yang beredar dipasaran. Mulai CELERON, AMD dan PENTIUM sudah sanggup menjalankan tugas aplikasi Microsoft Office.

Lain lagi, jika anda juga ingin memanfaatkan PC tersebut untuk bermain “games”, maka anda masih membutuhkan Sound Card dan Graphic Card atau Graphic Accelerators. Banyak PC games sekarang menggunakan CD yang memainkan “games” yang realistic. Tanpa Graphic Card atau Graphic Accelerators, mungkin “games” tersebut akan terlalu lambat atau bahkan tak jalan sama sekali.

Pertimbangan memiliki komputerpun akan lain ketika nantinya computer tersebut akan digunakan untuk akses Internet. Walaupun PC 486 sudah mampu menjalankan Internet, namun dianjurkan untuk memiliki Pentium I atau Pentium II ditambah dengan modem dan saluran telepon.

BESAR ANGGARAN ATAU BUDGET

Beberapa budget anda? Saat ini ada banyak computer murah. Coba perhatikan layanan iklan di beberapa media, baik second maupun baru. Harga yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari 2 jutaan hingga 5 jutaan. Jika ada yang lebih tinggi, maka boleh dibilang bukan termasuk PC (Personal Computer) lagi, namun sudah bersifat untuk bisnis.

JENIS-JENIS PC YANG ADA

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan kata CELERON, AMD dan PENTIUM. Itu semua hanyalah nama CPU.

CELERON

Menggunakan chip INTEL CELERON yaitu versi murah PENTIUM. Harganya memang lebih murah tetapi kemampuan dalam menghasilkan grafik cukup lumayan. Namun dari kecepatan kurang jika dibandingkan dengan PENTIUM dan AMD (bergantung kepada processor speed).

AMD

Pembuat chip processor yang bersaing dengan INTEL. Harganya lebih murah dari PENTIUM namun kemampuan processor boleh dibilang seimbang. Mampu menyaingi PC dari buatan INTEL PENTIUM tetapi dengan harga lebih murah.

PENTIUM

Pendahulu pasaran PC sekarang dengan PENTIUM IV yang serba canggih. Terletak ditahap harga yang termahal tetapi mendahului dari segi teknologi. Kebanyakan PC yang berada dipasaran adalah dari processor jenis ini.

Komponen-Komponen Penting

Sebuah computer atau PC, kemampuannya tergantung dari komponen2 yang terpasang. Beberapa komponen penting yang perlu perhatian khusus dalam membeli computer diantaranya:

CPU

Kecepatan dan kehandalan sebuah PC tergantung pada jenis CPU yang digunakan. Untuk membedakannya sangatlah mudah. Sebab dalam type dan jenis CPU selalu diikuti dengan kecepatan dalam MHz (MegaHertz). Sekedar contoh ada PENTIUM III 500 MHz, PENTIUM II 350 MHz, AMK K6 II 350 MHz ataupun AMD Athlon 750 MHz dan masih banyak lagi yang lain. Dua kata yang pertama merupakan model CPU sedangkan angka yang mengikuti merupakan kecepatan processor tersebut.

RAM

Dalam bahasa inggris RAM adalah Random Access Memory. PC memerlukan RAM ini untuk menyimpan secara sementara semua perintah yang diberikan oleh CPU untuk diproses. Biasanya kemampuan RAM ditujukan didalam Megabyte (MB). Semakin besar Kapasitas RAM yang digunakan, maka semakin cepat pula kemampuan computer.

HARD DISK

Hard disk diperlukan untuk menyimpan data. Kapasitas Harddisk akan diisi dengan beragam software PC. Kapasitas harddisk yang ditawarkan diantaranya 10GB, 20GB, 30GB, 40GB, 60GB dan masih ada yang lebih besar lagi. Pemilihannya tergantung dari kapasitas data dan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

CD ROM DRIVE

CD ROM ataupun Compact disk read only memory mungkin menjadi suatu keharusan untuk sebuah PC multimedia. CD ROM drive dijual dalam berbagai kecepatan dan drive yang paling cepat adalah yang paling baik.

FLOPPY DISK DRIVE

Floppy disk adalah satu jenis alat yang digunakan untuk proses menyimpan data dalam disket. Satu paket hanya dapat menyimpan tidak lebih dari 1.44MB data dan sesuai dengan untuk memindahkan data dari satu PC ke PC lain. Terdapat bermacam-macam jenis Floppy drive dipasaran saat ini.

Langkah Pemeriksaan

Satu kata kunci yaitu teliti sebelum membeli. Saat anda membeli computer, maka hal-hal berikut ini seharusnya dilakukan. Diantaranya :

1. Pastikan PC yang anda beli mempunyai kecepatan seperti yang telah anda pilih untuk dibeli. Minta penjual menunjukkan “speed” PC tersebut sewaktu “boot-up”.

2. Pastikan RAM yang terpasang ditunjukkan didalam “system information” PC. Minta penjual untuk menunjukkan kepada anda kemampuan RAM PC.

3. Semua pembelian PC akan disertai dengan “manual” serta beberapa disket/CD yang berisi “driver” dan “system configuration” yang diperlukan oleh PC untuk berfungsi. Pastikan penjual menyertakan semua kabel dan asesoris lain (seperti disebutkan dalam manual). Simpan barang-barang tersebut dengan hati-hati dan aman.

4. Minta penjual membuka “casing” PC dan menunjukkan kepada anda semua penambahan dan pastikan juga semua komponen adalah asli (sesuai yang di beli).

5. Pastikan semua barang yang anda beli berkartu garansi jika memang bergaransi.

6. Pastikan pembelian disertakan dengan manual motherboard. Manual ini sangatlah penting jika suatu saat terjadi kerusakan atau anda bermaksud meng-upgrade komponen PC.

7. Akhirnya pastikan PC yang dibeli berjalan dengan baik dan normal. Sekiranya PC yang dibeli dipasang oleh penjual dirumah, pastikan penjual/teknisi tersebut menunjukkan bahwa semua peralatan berfungsi dengan baik.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...