Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Wednesday, September 10, 2008

Bermain Game Antar-PC Menggunakan Bluetooth

Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan oleh pengguna PC. Bermain game ini bisa dilakukan sendiri maupun bersama-sama dengan cara lain. Bila tersedia dua buah PC, kedua buah PC tersebut bisa dihubungkan untuk kemudian digunakan untuk bermain game apakah pemain pada PC yang satu melawan pemain dari PC yang satunya lagi maupun keduanya saling bekerja sama.

Untuk menghubungkan ke-dua PC tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Bluetooth. Salah satu kemudahan yang diperoleh bila menggunakan Bluetooth adalah wireless. Dari segi bandwidth, Bluetooth ini memang masih kalah jauh dibandingkan dengan LAN yang umum digunakan sekarang. Tetapi, untuk keperluan seperti ini, sering sudah memadai.

Bagaimana Caranya?

Pertama-tama tentunya kedua PC yang ingin digunakan harus memiliki kemampuan Bluetooth. Ini bisa diperoleh dengan menggunakan USB Bluetooth dongle. Pastikan juga jarak antara kedua PC tersebut tidak melebihi jarak yang didukung oleh kedua USB Bluetooth dongle yang digunakan. Kami memanfaatkan USB Bluetooth dongle yang menggunakan WIDCOMM Bluetooth Software 1.4.2 build 10.

Setelah menginstal software beserta drive yang sesuai dan melakukan restart (bila diperlukan), pastikan bahwa fitur [My Network Access] telah nyala. Pastikan hal ini dilakukan pada kedua PC yang akan digunakan agar PC yang manapun bisa memulai koneksi.

Pada salah satu PC lihatlah apakah PC yang satunya lagi ditemukan atau tidak dengan menekan tombol [View Devices ini range].

Kemudian masuklah pada PC satunya lagi yang ditemukan tersebut. Ini akan membuat jendela baru yang berisi service yang tersedia pada PC yang ditemukan tersebut ditampilkan.

Pilihlah [Network Access on nama PC satunya lagi] dan bila diminta memasukkan semacam PIN masukkanlah sesuai dengan yang anda inginkan. Pastikan yang dimasukkan adalah sama dengan kedua PC.

Selanjutnya bila diminta konfirmasi jawablah dengan menekan [OK].

Seharusnya koneksi antara kedua buah PC telah terjadi. Agar lebih mudah menemukan masing-masing PC, sebaiknya keduanya berada pada workgroup yang sama. Workgroup ini bisa diatur pada [System Properties]>[Computer Name]>[Change]>[Workgroup].

Sebelum menjalankan game yang diinginkan tidak ada salahnya memastikan dulu masing-masing PC telah muncul pada [My Network Places] dan bisa melihat folder yang di sharing pada masing-masing PC.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...