Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Wednesday, August 6, 2008

Tips Mudah Install XP

Menginstall Windows XP sebenernya tidak terlalu sulit, karena relative sama dengan system operasi generasi Windows lainnya. Bagi yang pengen install Windows XP sendiri, di bawah ini adalah tips serta langkah2 untuk menginstall Windows XP.

1. pertama lakukan pengubahan pada setting boot-up BIOS computer. Set boot-up dengan menggunakan CD-ROM, dengan begitu saat computer nyala, maka computer akan melakukan booting pada CD-ROM. Catatan: sebaiknya anda melakukan install Windows XP dengan CD Windows XP installer.

2. setelah mengubah boot-up pada BIOS, simpanlah perubahan tadi pada BIOS, kemudian rebootlah CD installer Windows XP ke dalam CD-ROM. Bila telah tampak prompt tekan space bar untuk bisa secara langsung melakukan boot pada CD-ROM. Tekan space bar kembali untuk melihat pesan yang akan ditampilkan.

3. kemudian anda akan menemukan sebuah pertanyaan pilihan yaitu, untuk proses install baru, repair dengan mempertahankan instalasi yang telah eksis, atau keluar (Qiut). Tekan key untuk operasi proses instalasi.

4. pada bagian selanjutnya dari proses instalasi tidak jauh berbeda dengan proses install pada Windows 2000. jadi bila anda telah familiar dengan proses install pada Windows 2000, maka proses instalasi ini akan berjalan dengan mudah sekali.

Catatan:

Sebelum anda melakukan proses instalasi, sebaiknya lakukanlah partisi pada hard disk anda. Dengan begitu anda bisa menjaga kemungkinan bila nanti terjadi masalah pada performa Windows XP. Dengan menggunakan multiple partisi, anda bisa melakukan peningkatan performa dari Windows XP. Sebaiknya anda menggunakan multiple partisi dengan ukuran masing2 4 sampai 8 GB.

5. pilih salah satu format partisi, FAT32 atau NTFS (sebaiknya anda menggunakan computer tersebut untuk single OS saja yang terinstall). Disini anda juga bisa akan melihat dua tambahan untuk pilihan quick format untuk masing-masing pilihan. Setelah anda menentukan pilihan yang sesuai dengan keinginan anda, tekan key untuk format partisi tadi.

6. setelah itu, computer akan melakukan break, dan kembali lagi dalam beberapa menit. Kemudian program setup secara otomatis akan memulai untuk melakukan pengcopy-an file setelah proses format partisi selesai.

Dari point ini, anda bisa melihat masing-masing, serta setiap nama file yang di copykan ke dalam harddisk yang ditampilkan pada sudut kiri bawah.

7. setelah itu, pilih region dan language, masukkan nama dan organisasi anda, masukkan product lisence key.

8. masukkan untuk nama computer, dan masukkan juga sebuah password untuk Admin. Jangan lupa untuk mencatat password Administrator tersebut. Setelah proses instalasi selesai, maka XP juga akan membuat sebuah password restore disk, ini untuk menjaga kemungkinan user lupa akan passwordnya satu hari nanti.

9. pilih network anda. Anda bisa membiarkan pada set otomatis, bila menggunakan dhcp server untuk menandai IP addresses. Bila anda mempunyai static IP address untuk broadband access, masukkan setting ISP anda. Pilih workgroup atau nama domain.

10. register copy Windows XP bila anda mempunyai hardware yang terbaru pada computer. Tunggulah untuk beberapa menit agar Windows XP menyelesaikan penginstalan untuk hardware tambahan.

Dirve Install

Pada Windows XP telah tersedia beberapa driver untuk semua hardware pada test machine. Updatelah semua driver yang telah menyediakan drive update-nya secara online. Proses ini sedikitnya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk proses installation. Setelah itu anda bisa menggunakan XPerince.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...