Selamat Idul Fitri 1432 H

Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri, Kawan...

- YauNi.4ever

Pesan •"̮• ♈ǎυ иȋ •"̮•

Sunday, August 10, 2008

SETUP HOME NETWORK

3 opsi internet sharing

Sudah jamannya computer saling terhubung dalam sebuah jaringan. Selain pentingnya akses resource, memaksimalkan broadband internet di negeri ini masih perlu jaringan private ini. Tiga tawaran opsi berikut bisa dipilih!

Dengan semakin murahnya computer, bukan luar biasa lagi sebuah rumah memiliki lebih dari satu PC. Karena ada saatnya anda perlu mengakses PC lain hanya untuk mendapatkan sebuah file, ikut menggunakan printer yang dicolokkan ke PC lain, memainkan game computer multi-player.

Atau berbagi pakai (share) internet broadband melalui kabel atau DSL modem dari PC lain, seperti akses speedytelkom.

Kebutuhan computer ini sangat perlu terutama ada keinginan membangun bisnis kecil-kecilan semisal warnet (warung internet), rental, game multi-player dsb. Atau bahkan untuk kebutuhan jaringan kecil kantor.

Untuk memenuhi semua keinginan itu adalah dengan membangun sebuah jaringan rumahan (home), dimana anda bisa menghubungkan paling tidak 2 atau lebih PC. Ada beberapa cara yang perlu dilakukan, sesuai dengan beaya, tingkat kemanan, dan ketangguhan jaringan dalam menanggani resource. Berikut beberapa gambaran scenario yang mungkin.

Salah satu scenario yang banyak digunakan diantaranya dengan konfigurasi seperti berikut:

Kabel/DSL modem tersambung ke computer itu. Computer itu dibuka ke public internet. Akses internet ini tidak dihubungkan ke beberapa computer yang lain. Tapi, anda hanya perlu sebuah IP address dari ISP anda.

Opsi #1: Menggunakan beberapa IP address

Cara termudah mendapatkan PC kedua secara online adalah memasang / install network card ke computer itu, sebuah hub (switch), menghubungkan kedua PC dan kabel/DSL modem ke hub tersebut, menghubungi ISP untuk mendapatkan IP address yang ke dua dan menyesuaikan konfigurasi PC yang kedua itu.

Disini, ISP benar-benar diuji ‘kebonafitannya’. ISP yang patut dipercaya bakal membantu anda, apa yang perlu dilakukan. Karenanya, jangan kawatir meski anda tidak punya pengalaman secara teknis.

Keuntungan :

- kedua pc tidak perlu terhubung ke computer lain

- setupnya relative mudah

Kelemahan :

- masing-masing PC terbuka ke public internet

- mengaktifkan file sharing tambahan, dengan resiko ditanggung penumpang

- beaya per bulan juga ditarik untuk tambahan IP address.

Opsi #2 : Internet Connection Sharing via Software

Di scenario ini, anda perlu menginstall network card ke setiap computer yang ingin dihubungkan ke internet. Memasang network card ke dalam PC yang kedua, dan menggunakan kabel UTP CAT5 (kategori 5) sebagai perantara kedua koneksi.

Konfigurasi koneksi diantara PC 1 dan PC 2 sebagai sebuah jaringan private, lalu menginstall dan konfigurasi software Internet Connection Sharing (ICS) pada PC1, sedemikian rupa PC 2 bisa ikutan akses internet melalui PC 1.

Solusi ini lebih murah disbanding pertama, tapi soal keandalan koneksi kurang bisa dijamin.

Keuntungan :

- murah, hanya perlu 2 network card dan kabel UTP Cat5

- software ICS tersedia secara free untuk versi terbaru Windows, semisal Win XP, Win 2000, atau mendapatkannya di internet seperti Analog Proxy masih nongkrong di http://www.analogx.com/contents/download/network/proxy.htm (proxy gratisan ini masih dipakai penulis).

- tanpa perlu beaya tambahan lagi (ISP)

Kelemahan :

- hanya satu PC yang dibuka ke public internet

- lebih sulit konfigurasinya

- bila PC 1 di shutdown atau mati, PC 2 tidak bisa online

- kurang tangguh

- jumlah PC tidak tak terbatas, dibatasi.

Opsi #3 : Menggunakan Peranti Hardware Router/Gateway/Firewall

Dalam scenario ini, anda bisa menginstall sebuah peranti (hardware) router/gateway/firewall terhubung ke public lewat kabel/DSL modem, menghubungkan jaringan private melalui sebuah hub, menghubungkan semua PC ke hub tersebut dan mengkonfigurasi semua PC pada jaringan private anda.

Selama harga bukanlah persoalan yang besar, tapi butuh yang lebih aman, dapat diandalkan, dan kemampuan jadi taruhan, scenario ini bisa diandalkan.

Keuntungan :

- semua PC dibungkus oleh firewall

- file sharing antara PC lebih aman

- tidak ada beaya tambahan yang perlu ditarik ISP

- menghubungkan banyak PC ke jaringan tanpa beaya tambahan

- ada hak untuk mengkonfigurasi setiap PC ke DHCP server dalam peranti gateway

- ada fungsi tambahan yang bisa dimanfaatkan ke gateway (opsional) diantaranya access point tanpa kabel (wireless), server print, DMZ, termasuk filter, dan banyak lagi.

Kelemahan :

- menguras kantong jutaan rupiah, tergantung peranti gateway dan fasilitas yang diambil.

- lebih sulit tingkat pembelajarannya.

Sampai disini, tentu anda punya gambaran model/scenario mana yang ingin digunakan. Opsi #3 mungkin merupakan solusi yang diinginkan karena model ini sekaligus melindungi jaringan private anda, lebih stabil, lebih mudah dikembangkan, dan scenario ini menyajikan banyak fasilitas menawan.

Note: Bila ISP anda memberi anda pilihan, minta menggunakan modem dengan koneksi Ethernet.

Sebenarnya, ada opsi lain yang tersedia seperti pemanfaatan system computer tua 486 atau Pentium sebagai gateway dengan konfigurasi berbasis Linux seperti Smoothwall yang beralamat di http://www.smoothwall.org/ atau Coyote Linux yang bisa dijumpai di http://www.dalantech.com/ubbthreads/showflat.php?Cat=&Board=unix&Number=32928 , sayangnya untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman lebih. Bahasan artikel ‘internet’ ini nantinya tidak menggagas opsi tersebut, tapi dikhususkan bagi pengguna Windows.

Dan selanjutnya dalam rubric ini nantinya menggunakan scenario dengan setting jaringan rumah (home) seperti dijelaskan pada opsi #3 dengan menggunakan koneksi Ethernet. Mirip layanan jaringan broadband speedytelkom.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar sebagai respon atau untuk bertanya.
Jangan SPAM ya, No SARA, No P0RNo!
Mohon tidak meninggalkan link di dalam comments.
Komentar berisi LINK & tidak sesuai judul akan segera dihapus!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Template by Premium Blogger Themes | Modified and Enhanced by YauNi
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...